Categories
Bisnis

SEO untuk Bing, Perlukah?

Mengingat kegagalan demi kegagalan Microsoft dalam bisnis mesin pencari yang bisa kita kihat dari produk-produk mesin pencari mereka sebelumnya, MSN dan Live, mungkin SEO untuk Bing memang bukan hal yang terlalu penting.

Meskipun ada berita mengenai kesepakatan yang dibangun untuk meningkatkan pangsa pasar Bing dan Yahoo and menjadikan kedua mesin pencari tersebut lebih di perhitungkan di dunia SEO, nampaknya Bing akan menemui jalan buntu.

Data yang baru saja dipublikasikan StatCounter minggu lalu, Bing mengalami penurunan pangsa pasar pencarian untuk pertama kalinya sejak diperkenalkan tahun lalu, baik untuk pasar Amerika maupun pasar global.
Situasinya lebih buruk bagi Microsoft karena calon partner yang akan digandeng untuk secara bersama-sama meningkatkan pangsa pasar mereka, Yahoo, juga menunjukan penurunan yang signifikan, lebih dari 1%, dalam bulan September 2019.

Penurunan pangsa pasar Yahoo dan Bing secara bersamaan secara langsung mendongkrak pangsa pasar pencarian raksasa mesin pencari Google. Menurut data StatCounter, penguasaan pasar Yahoo dan Bing jika dijumlahkan mencapai angka 20.14% pada bulan Agustus, sementara pada bulan September turun menjadi hanya 17.91%. Di sisi lain Google mengalami peningkatan pangsa pasar dari 77.83% menjadi 80.08% pada periode yang sama.

“Trend penurunan Bing dimulai sejak pertengahan Agustus”, komentar Aodhan Cullen, CEO StatCounter, dalam press release pengantar ketika perusahaanya melansir data statistik terbaru.

Tentu saja penurunan itu tidak cukup buruk sehingga membuat Microsoft angkat kaki dari bisnis mesin pencari. Meskipun pangsanya kecil, pasar search engine memberikan kontribusi yang cukup besar bagi penghasilan Microsoft. Bulan Nielsen melaporkan angka tersebut sebesar 10%.

SEO untuk Bing

Meskipun demikian mungkin cukup bagi banyak pemain yang menggantungkan bisnisnya dalam industri search engine untuk mengevaluasi strateginya kembali. Pebisnis yang menggantungkan usahanya pada search engine melalui SEO misalnya, mungkin merasa perlu untuk mempertimbangkan kembali, apakah layak membagi perhatian, tenaga, waktu, dan mungkin juga uang mereka untuk mesin pencari yang pangsanya kecil dan semakin mengecil.

Penyedia Jasa SEO tahu persis bahwa strategi SEO untuk Bing berbeda dengan Google, sehingga mereka tidak bisa dengan santai berfikir “pokok top di Google nanti Bing juga ngikut” seperti pada jaman MSN.

Tapi dengan trend yang perlahan tapi pasti terus menanjak, dan keyakinan bahwa Microsoft akan berbuat lebih baik dengan Bing setelah kegagalan mereka dengan MSN dan Live, banyak yang memperkirakan Bing akan mampu menjadi pesaing yang setidaknya seimbang dengan Google.

Anda tidak punya waktu untuk mengoptimasi website sendiri? Hubungi kami segera :

Nama Perusahaan : PuGaGo IT
Website : https://pugago.com
Instagram : https://www.instagram.com/pugago
Facebook : https://fb.com/pugago

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *