Categories
kesehatan

Mengenal Alat Defibrillator

Defibrillator, tentunya tidak banyak yang mengenal alat tersebut. Memang benar adanya. Apabila, kita berada di luar negeri alat ini sangat familiar sekali karena kebanyakan masyarakat sudah mengenal fungsi dan kegunaan alat tersebut. Apakah anda mengenal alat itu juga ? Berikut ini penjelasan singkat tentang alat Defibrillator.

Pengertian Alat Defibrillator ?

Alat Defibrillator dikenal juga dengan alat kejut jantung. Yakni sebuah alat medis yang digunakan untuk memberikan stimulus energi listrik pada jantung guna mengembalikan detak jantung yang tidak normal karena fibrilasi. Fibrilasi pada jantung biasanya disebabkan karena faktor tertentu seperti serangan jantung, penyakit jantung, dan gangguan keseimbangan pada elektrolit jantung.

Cara Kerja Defibrillator

Defibrillator alat alat kejut jantung bekerja dengan cara memberikan energi listrik dalam jumlah tertentu yang dialirkan melalui dua buah elektroda. Kedua elektroda tersebut ditempel di bagian dada. Sejumlah energi listrik yang telah ditentukan berdasarkan analisa EKG dan impedansi dialirkan melewati jantung. Dari kejutan tersebut, jantung akan mengalami shock dan berhenti sejenak, kemudian memulai detaknya dengan normal kembali.

Jenis – Jenis Defibrillator

Pada perkembanganya defibrillator atau alat kejut jantung mengalami banyak perubahan. Mulai dari arus AC (Bolak – Balik) menjadi arus DC (Searah). Hingga kini terdapat beberapa macam alat defibrillator diantarnaya. Defibrillator manual, defibrillator otomatis (AED), Defibrillator internal dan defibrillator implan. Dari beberapa jenis defibrillator tersebut yang paling sering digunakan adalah defibrillator manual dan AED.

Harga Defibrillator

Tahukah anda berapa harga satu unit defibrillator ? Tentu saja sangat bervariasi sesuai dengan jenis dan juga spesifikasi serta tidak ketinggalan juga merk ikut berpengaruh terhadap harganya. Bedasarkan informasi yang kami himpun dari salah satu toko alat medis yang jual defibrillator, untuk satu unit defibrillator otomatis atau AED kisaran harganya antara 30 jutaan hingga 60 jutaan untuk merk – merk eropa.

Bagaimana tanggapan anda ? Kalau kita melihat dari fungsi dan juga kegunaan alat ini. Tentu untuk harga yang demikian mahal itu tetap sebanding. Itulah sebabnya alat ini memang bukan dibuat dan dipasarkan untuk personal melainkan untuk instansi medis dan juga para para pengusaha yang memiliki perusahaan besar dan banyak karyawan untuk menyediakan alat pertolongan ini di perusahaanya. Sekian, semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *