Categories
kesehatan

Tips Menjaga Kesehatan Mental saat Pandemi untuk Kamu Generasi Milenial

Kesehatan mental sama urgensinya dengan kesehatan fisik, tetapi saat ini persoalan mengenai kesehatan jiwa masih dianggap tidak penting atau bahkan menyepelekannya sehingga memperparah keadaan orang-orang yang memiliki sakit mental.

Seperti yang dikatakan oleh WHO, generasi milenial saat ini mengalami tingkatan yang lebih tinggi untuk terkena gangguan mental karena masa-masa ini membutuhkan waktu serta penyesuaian akan perubahan yang terjadi secara psikologis, emosional, finansial maupun teknologi.

Adanya perkembangan sosial media saat ini semakin memperparah kesehatan mental generasi milenial, sosial media seakan menciptakan gaya hidup yang ideal dan tanpa masalah sehingga generasi sekarang akan merasa terbebani dan menciptakan tekanan yang lebih besar.

Simak beberapa tips ini untuk kamu para milenial mengatur kesehatan mental apalagi disaat pandemi seperti ini.

  1. Buat Schedule atau Jadwal

Ketika kamu dirumah terus menerus ada saja godaan untuk menjadi tidak produktif dengan rebahan, asik main game ataupun marathon drama dan film sehingga kamu akan lupa mengenai hal-hal yang penting untuk dilakukan.

Coba untuk membuat jadwal dalam satu hari hal apa yang kamu ingin lakukan, belajar untuk disiplin menyelesaikan kewajibanmu setelah itu baru kamu bisa melakukan hobimu dengan tenang tanpa harus merasa khawatir akan pekerjaan yang belum tuntas.

  1. Berolahraga dan Makan Makanan Sehat

Sebelum kamu melakukan aktivitas seperti bekerja ataupun sekolah daring ada baiknya kamu sarapan terlebih dahulu, hal ini dapat membantu kamu agar mendapatkan energi dan fokus saat beraktivitas.Ditambah ketika kamu rutin berolahraga serta makan makanan sehat, tubuh kamu akan merasa segar dan bugar yang dimana akan mempengaruhi kesehatan mental kamu.

  1. Memilah dan Memilih Informasi

Di era teknologi yang semakin pesat ini akan banyak informasi yang beredar, tidak jarang informasi-informasi tersebut termasuk hoaks yang malah akan semakin membebani pikiran kamu. 

Otak manusia juga memiliki batas dalam menerima informasi, semakin banyak informasi yang kamu terima dapat membuat kamu merasa stress jadi kamu perlu memilah dan mengolah informasi mana yang akan kamu proses.

Aplikasi Rekomendasi Saham

  1. Tetap Jaga Komunikasi dengan Teman

Ketika kamu harus melakukan belajar dari rumah maupun work from home tentu akan menjauhkan kamu dari rekan dan kawan-kawanmu sehingga kamu jadi mudah merasa bosan dan akan membuat perasaan-perasaan negatif muncul.

Hubungi dan tetap keep in touch dengan teman-temanmu dapat menjadi solusinya, coba dengan bermain game online secara berbarengan juga dapat menjaga hubungan kamu tetap baik.

  1. Komunikasikan Masalahmu

Jangan gengsi ketika kamu membutuhkan orang-orang terdekat untuk mendengar permasalahanmu. Dengan mengkomunikasikan masalahmu ke orang tua atau teman terdekat dapat membantu meringankan beban yang kamu simpan sendirian berusaha juga untuk senantiasa jujur pada diri sendiri

Jika kamu ingin melihat artikel-artikel menarik lainnya, silakan cek disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *