Categories
Umum

Simak Tips Memprioritas Alokasi Uang Saat Gajian!

Hari gajian menjadi hari yang ditunggu-tunggu oleh para pegawai, kebanyakan dari mereka akan merayakan hal ini dengan checkout aplikasi belanja ataupun jalan-jalan apalagi jika saat itu banyak produk yang sedang terdiskon atau sedang promo sehingga mereka akan belanja impulsif. Kebiasaan inilah yang menjadikan sebagian besar dari mereka tidak memiliki uang di saldo mereka atau saat akhir bulan uang mereka sudah habis total.

Sehingga tidak sedikit dari mereka akan berhutang untuk menyambung hidupnya. Kamu bisa menyimak beberapa tips agar kamu bisa mengatur alokasi gaji dengan baik yuk simak.

1. Membayar hutang

Hutang merupakan suatu kewajiban, maka dari itu hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan melunasi sisa hutang yang kamu miliki lalu sisanya dapat kamu gunakan untuk menabung atau berinvestasi.

2. Menabung

Setelah kamu memprioritaskan dana untuk membayar hutang selanjutnya kamu bisa menyisihkan beberapa persen dengan menabung, menabung ini bisa membuat harta kamu semakin lama semakin meningkat lho. Kalau bisa kamu memisahkan tabungan kamu dengan rekening pengeluaran hal ini mencegah uang tersebut kamu gunakan, kamu juga bisa mencatat hasil tabungan kamu lho.

3. Investasi

Setelah kewajiban kamu bayar dan kamu menyisihkan untuk tabungan yang telah dikurangi juga dengan biaya pengeluaran bulanan, kamu bisa mencoba untuk melakukan investasi di beberapa instrumen yang telah kamu pahami dan ketahui produk dan cara kerjanya. Sisihkan sekitar 10% jika kamu masih memiliki dana lebih, karena dengan berinvestasi ini nilai uang kamu akan bertambah tentunya lebih menguntungkan daripada menaruh uang-uang kamu hanya di bank.

Jika kamu ingin melakukan investasi saham tetapi belum paham cara analisanya, aplikasi Emiten.com dapat membantu kamu karena aplikasi ini dengan rekomendasi yang kredibel dan terpercaya. Ingin tahu lebih lanjut? Klik disini

4. Dana darurat

Dana darurat ini bersifat krusial, karena sangat-sangat penting untuk kamu miliki, dana darurat ini dapat menjadi penyelamat kamu disaat kamu sudah kehabisan uang. Kamu hanya bisa menggunakan dana ini jika kamu benar-benar tidak memiliki uang, atau jika kamu berada dalam kondisi yang sulit misalkan kamu mengalami PHK sehingga kamu sudah tidak mendapatkan penghasilan sama sekali.

Simak artikel menarik lainnya disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *