Categories
Teknologi

Cara Backup Data Komputer Itu Sangat Mudah

Sebuah data memiliki nilai yang sangat penting pastinya terlebih menyangkut sebuah pekerjaan. Bentuk data ini berbagai macam mulai PDF, video, gambar, tulisan, suara dan lainnya. Data ini ini bisa menghasilkan nilai yang sangat besar bila di dipegang oleh orang yang tepat. Bila sudah mengetahui begitu besar nilainya ada baiknya ketika file tersebut berada di komputer sebisa mungkin untuk membackup secara rutin. Karena bila tidak dilakukan ini akan berdampak buruk ketika sewaktu-waktu hilang atau rusak.

Bla hilang apakah bisa di kembalikan lagi? Pada dasarnya bisa dan harus mencari ahli seperti service komputer panggilan di jakarta selatan sebagai contohnya. namun untuk proses repair data ini bisa di katakan masih bertanya – tanya apa bisa 100% kembalilagi. Ini akan tergantung dari kerusakan yang ada.

Cara Backup Data Komputer

Proses lamanya backup ini tergantung dari besarnya data yang ada, semakin besar maka akan semakin lama pemindahan datanya dan sebaliknya. 

Selain hal diatas ada manfaat lain ketika kita melakukan kegiatan back up data di komputer. Ini memang sering kita lakukan namun kita tak menyadari, seperti: 

Untuk menyimpan file-file yang saat ini tidak digunakan yang mungkin suatu saat akan kembali digunakan 

Memberi ruang kosong pada hardisk sehingga akan meringankan kinerja komputer 

Mengumpilkan semua data dalam satu tempat sebagai penanda file-file apa saja yang sudah pernah digunakan atau dipakai. 

Lalu bagaimana cara untuk membackup data di komputer? 

Pada dasarnya sangat mudah sekali dan ini bisa dilakukan oleh siapa saja. Melansir dari situs servicekomputerpanggilantangerang.com ada beberapa hal yang bisa kita lakukan, antara lain: 

Backup data secara manual 

Bisa jadi cara membackup data yang satu ini adalah yang paling gampang di kerjakan terutama bagi yang baru mengenal komputer. Sebenarnya backup data yang ini hanya memindahkan data dari komputer ke tempat penyimpanan yang lain seperti hardisk eksternal atau flashdisk. 

Untuk caranya sendiri sangatlah mudah anda cukup mengcopy atau cut kemudian paste ke tempat penyimpanan yang lain. Hanya itu saja caranya sangat mudah bukan. Jadi di otomatis data akan berpindah dan akan sama plak. 

Backup data memakai sistem bawaan windows 

Untuk jenis backup yang kedua ini bisa menggunakan sebuah aplikasi bawaan dari windows sendiri. Langkah ini tidak banyak orang yang menggunakannya padahal sangat baik untuk menyelamatkan data. Caranya seperti ini :

Klik Star 

Kemudian cari di bagian maintenance 

Pilih ih back up and restore

Ketika mem-backup dengan cara ini nanti data akan berubah menjadi file image dan bisa langsung kita burning menggunakan CD atau DVD. Selain itu kita bisa membuat backup data sistem operasinya sendiri yang nantinya bila terjadi kerusakan bisa menggunakan untuk recovery. 

Backup data menggunakan cloud 

Menyimpan sebuah data menggunakan Cloud banyak digunakan di era sekarang ini. Cara ini memang sangat simpel sekali dan bisa diakses dari mana saja asalkan ada jaringan internet. Sebab tempat penyimpanannya itu ada di di awan atau istilahnya pada sebuah server tertentu. Untuk saat ini ada yang gratis atau yang berbayar. Umumnya untuk mengakses sebuah kita hanya perlu menyediakan sebuah akun email yang aktif.

Dengan cara ini data yang perlu kita simpan dan bawa tidak akan ada di flash disk atau hardisk. Semuanya tersimpan di cloud storage.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *