Categories
Uncategorized

Macam Macam Rempah Rempah dan Manfaatnya

Macam Macam Rempah Rempah dan Manfaatnya – Masakan Indonesia  terkenal dengan menggunakan berbagai rempah-rempah yang memunculkan cita rasa dan aromanya yang khas. 

Sebut saja rendang,  ayam  betutu,  soto  lamongan,sate  madura,dll.  yang menggunakan rempah-rempah dalam proses memasak. Selain  memasak, bumbu dapur juga berguna untuk perawatan,  tahukah  Anda!

Macam Macam Rempah Rempah dan Manfaatnya

Macam macam rempah rempah dan manfaatnya

Nah, dalam sejarah, karena macam macam rempah ini,  dahulu kala orang Eropa datang untuk menjajah Indonesia. Saat ini, rempah-rempah Indonesia telah menyebar ke seluruh dunia. 

Ya, meski  beberapa negara sudah menanam di negeri sendiri, rempah-rempah Indonesia tetap menjadi primadona di negara  lain

1. Cengkeh

Cengkeh bernama Latin Syzygium  aromaticum  khas Maluku memiliki aroma dan rasa yang khas. Selain digunakan incooking,  cengkehjuga berguna untuk mengobati alergiflu. 

Untuk mendapatkan cengkeh dengan kualitas yang baik rank A, para produsen biasanya menggunakan mesin cengkeh. Cengkeh dengan kualitas yang bagus, akan menghasilkan produk seperti minyak atsiri yang bagus pula. 

2. Lada

Lada yang terkenal di Indonesia adalah lada putih atau sering disebut lada, dengan nama latin  Piper  albi  linn. Produsen utama lada berada di Lampung dan Bangka. Selain digunakan sebagai bumbu wajib dalam memasak, lada juga bermanfaat untuk menghangatkan tubuh dan mengobati influenza, anda tahu.

3. Kayu manis

 Kayu manis juga disebut kayu manis memiliki aroma yang sangat lezat! Nah, salah satu manfaat kayu manis adalah mengontrol kadar gula darah. Selain membuat  gooddishes ,manfaatnya juga oke.

4. Sekop

Myristica fragrans alias pala berasal dari nutmegplants, di mana palaumumnya diolah menjadi permen, sedangkan bijinya digunakan sebagai hidangan penyedap rasa. Pala yang dalam bahasa Inggris disebut pala tanah juga berguna untuk menghangatkan tubuh dan menjaga metabolisme tubuh.

5. Kapulaga

Kapulaga umumnya dikenal oleh orang asing dengan Kapulaga yang memiliki nama Latin Amomum compactum. Manfaatnya banyak, selain digunakan sebagai penyedap dalam pembuatan kue, juga biasa digunakan untuk mengobati batuk dan pilek.

6. Andaliman

Mungkin tidak banyak yang tahu tentang rempah-rempah yang memiliki nama Latin Zanthoxylum acanthopodium ini. Nah, andaliman  memiliki rasa pedas seperti lada dan biasa digunakan oleh masyarakat  Batak  dalam masakannya. Oleh karena  itu Andaliman  sering disebut sebagai gelandangan lada.

7. Secang Wood

Pernah sering dengar wedang  uwuh  khas Yogyakarta, bukan? Nah, dalam bahasa ini ditambahkan bumbu yang memiliki nama Latin Caesalpinia  sappan  L. Kau tahu,  aku tidak akan  baik, kayu ini berguna sebagai obat antioksidan dan diare.

8. Kemukus

Apakah Anda masih mendengar sedikit? Ya cubeb atau disebut Piper cubeba, ini biasanya diambil dari biji atau minyak esensial. Beberapa manfaat kemukus  adalah sebagai obat mual dan meningkatkan fungsi sistem pencernaan.

9. Kunyit

Juga dikenal sebagai Kunyit atau Curcuma longa. Kunyit yang memiliki ciri khas warna kuning biasanya digunakan sebagai pewarna alami dalam makanan. Nah dalam hal pengobatan, kunyit  berfungsi untuk mengobati perut kembung, anda tahu!

10. Ketumbar

Mirip dengan lada,  hanya saja ukurannya lebih kecil dan kulitnya agak kasar. Jadi jangan salah, antara lada dan ketumbar.  Nah, ketumbar yang juga disebut ketumbar memiliki sativum Coriandrum Latin.   Selain populer dan sering digunakan sebagai hidangan penyedap  rasa,  ternyata juga berguna untuk mengatasi perut kembung. 

11. Daun salam

Nah, tidak pernah ada daun ini dengan nama Latin Syzygium  polianthum  informasi yang benar jika Anda memasak sesuatu. Daun salam yang juga dikenal sebagai daun salam memiliki aroma yang lezat, baik dicampur dalam bentuk kering maupun segar, sama-sama lezat.

12. Bunga Lawang

Bunga Lawang alias bintang anestesi memiliki aroma yang khas. Selain digunakan sebagai hidangan penyedap rasa, bumbu yang memiliki nama latin Illicium verum ini bisa diseduh seperti teh.

13. Kemiri

Kemiri memiliki rasa gurih yang khas, anda tahu. Juga disebut kemiri dalam bahasa Inggris atau Aleurites moluccanus, nama Latinnya biasa digunakan sebagai penyedap dalam berbagai masakan. Khasiat lain dari kemiri adalah mengobati sariawan dan meredakan sakit gigi, anda tahu.

14. Jahe

Jahe juga disebut Jahe yang memiliki rasa agak pedas. Digunakan sebagai hidangan bumbu, jahe yang memiliki nama Latin Zingiber officinale juga sering digunakan sebagai minuman penghangat tubuh. Manfaat jahe lainnya adalah mengobati mual pada ibu hamil.

15. Serai

Semua orang sudah tahu bumbu ini. Umumnya disebut serai dalam bahasa Inggris dan Cymbopogon citratus dalam nama Latin. Tidak diragukan lagi rasa masakan yang menggunakan serai itu lezat.

Nah, ternyata serai juga bisa digunakan sebagai pengusir nyamuk lho, karena serai mengandung serai yang tidak bekerja untuk nyamuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *