Categories
Uncategorized

Resep Membuat Rengginang Terasi

Halo teman teman! Seperti yang ada pada judul, pada artikel kali ini saya akan membagikan tips bagaimana cara membuat rengginang terasi.

Pastinya anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya rengginang camilan atau makanan ringan ini identik dengan lebaran atau hari raya idul fitri, karena hampir setiap rumah pada saat Idul Fitri menyediakan kerupuk ini.

Rengginang ini merupakan camilan khas Indonesia loh lebih tepatnya berasal dari betawi. Camilan yang memiliki rasa yang unik ini terbuat dari bahan dasar beras ketan loh!

Biasanya sebelum rengginang ini digoreng, beras ketan yaitu bahan dasarnya terlebih dahulu dijemur dibawah panas sinar matahari secara langsung sebelum di olah. Berbeda dengan pembuatan kerupuk yang biasanya di buat dari adonan tepung tapioka yang terlebih dulu sudah dihaluskan, namun pembuatan rengginang ini tetap berbentuk dalam butiran nasi yang langsung digoreng dalam minyak.

Di Jawa Tengah sendiri, ada juga cemilan serupa yang mirip dengan rengginang yaitu intip. Berbeda dengan camilan rengginang yang mempunyai ukuran yang relatif kecil, intip memiliki ukuran yang besar karena dicetak dengan menggunakan bagian atas dari dandang atau periuk penanak nasi.

Salah satu yang unik, jika biasanya rengginang juga dibuat dengan bahan dasar dari nasi sisa yang tidak termakan dan kemudian nasi tersebut digoreng dan jadilah rengginang ini. Untuk membuat rasa dari rengginang ini menjadi lebih enak dan juga nikmat, cemilan ini biasanya diberi varian rasa contohnya seperti, udang dan juga terasi. Selain rasa yang asin, ada juga loh rengginang yang dibuat dengan menggunakan rasa manis.

Nah di Indonesia sendiri kerupuk selalu menjadi camilan atau makanan ringan yang digemari dari berbagai kalangan salah satunya berbagai macam jenis kerupuk terasi.

Hal ini menyebabkan kerupuk, salah satunya kerupuk terasi mempunyai peluang usaha yang menjanjikan. Untuk lebih jelasnya anda bisa membaca artikel cara membuat kerupuk terasi, di artikel tersebut anda bisa membaca analisis usahanya.

Untuk anda yang berminat tetapi hanya memiliki modal yang sedikit jangan khawatir, anda tetap bisa menjalankan usaha ini kok.

Caranya yaitu dengan anda hanya membeli satu mesin yaitu hand sealer. Apa itu hand sealer? Mesin ini merupakan mesin perekat plastik yang berguna supaya plastik bungkus kerupuk bisa tertutup dengan rapat dan tidak ada udara luar yang masuk. Jika ada udara luar yang masuk ke dalam bungkus akan menyebabkan kerupuk tidak akan bertahan lama.

Selain mesin tersebut anda bisa menggunakan alat dapur yang tersedia di rumah anda.

Lalu bagaimana cara membeli membeli tersebut? Anda bisa membuka website rumahmesin.com, disana anda bisa mendapat berbagai macam mesin yang berkualitas serta harga yang aman di kantong.

Nah balik lagi ke resep membuat rengginang ini, sebelum anda mengetahui bagaimana cara pembuatan dari rengginang terasi alangkah baiknya jika anda mengetahui bagaimana cara untuk memilih beras ketan yang baik. Yuk simak pembahasannya.

Cara Memilih Beras Ketan yang Baik

  • Pilih dan belilah beras ketan yang asli dan juga tanpa campuran dan baru, ciri – cirinya yaitu : beras ketan memiliki warna yang putih serta tidak transparan.
  • Pilihlah beras ketan yang butirannya masih utuh dan juga tidak rapuh sehingga beras tersebut tidak banyak patahannya.
  • Beras ketan yang memiki kualitas baik, tidak terdapat campuran benda-banda asing di dalamnya contohnya seperti : batu, binatang seperti kutu dan juga kotoran lain yang dapat membahayakan kesehatan tubuh anda.
  • Apabila anda cium, aroma wangi dari beras ketan akan tetap segar wanginya seperti aroma pandan, meskipun beras ketan tersebut sudah dicuci dan juga dibilas.
  • Apabila beras ketan yang berwarna putih jika diterawang warna putihnya pekat serta tidak berwarna kusam dan tidak kekuningan.

Nah Setelah anda tau bagaimana cara memilih beras ketan yang baik cuss kita buat rengginang terasi.

Cara Membuat Rengginang Terasi

Bahan Bahan:

  • 250 gram beras ketan
  • Air (kurang lebih 100 ml)
  • Garam (secukupnya)
  • 2 siung bawang putih (haluskan)
  • 1 sdt terasi bakar (haluskan)

Cara Pembuatan:

1. Rendamlah beras ketan kurang lebih selama 30 menit, jika sudah anda rendam, angkat lalu tiriskan beras tersebut.

2. Siapkanlah panci yang akan digunakan untuk mengukus beras ketan yang sudah ditiriskan tersebut. Kukus beras ketan kurang lebih selama 15 menit, jika sudah 15 menit, angkat beras tersebut dan sisihkan beberapa saat.

3. Pada panci yang berbeda, rebuslah air dan tambahkan garam secukupnya, bawang putih dan juga terasi. Rebus semua bahan tadi sampai semuanya larut dan juga airnya menjadi mendidih.

4. Saat air sudah terlihat mendidih, masukkanlah beras ketan ke dalam panci dan rebus sebentar sembari terus diaduk sampai airnya asat (airnya berkurang dan menjadi cukup kering).

5. Langkah selanjutnya yaitu, kukus kembali beras ketan yang tadi sudah anda rebus sampai matang dan ketan menjadi empuk. Jika sudah, angkatlah ketan dan cetak ke dalam loyang ataupun wadah yang lainnya. 

6. Anda dapat mencetak rengginang dengan berbagai bentuk misalnya bulat, kotak, segitiga atau sesuaikan dengan selera anda. 

7. Jemurlah rengginang tersebut di bawah sinar matahari secara langsung sampai kering. Biasanya, jika keadaan matahari terik rengginang ini dapat kering hanya dalam waktu satu hari saja.

8. Apabila rengginang sudah benar benar kering dan juga suhunya dingin, anda sudah bisa untuk menggorengnya. Goreng rengginang tersebut sampai warnanya kuning kecokelatan.

9. Apabila sudah matang, angkat dan tiriskan menggunakan tissue makan sehingga minyak yang menempel akan berkurang.

Wah gampang banget kan teman teman cara membuat rengginang terasi ini semoga bisa bermanfaat dan juga membantu ya! Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *