Categories
Uncategorized

Cara Membuat Abon Dari Daging Sapi

Pastinya Anda suka pernah menikmati abon sapi bukan? Ya, karena memang makanan ini asli dari Indonesia. Bahkan saat ini menjadi salah satu makanan populer dimasyarakat.Selain memiliki rasa yang enak, abon sapi juga bisa tahan lama. Meski abon sapi dapat bertahan lama namun pengolahannya tanpa adanya tambahan bahan pengawet. Abon sapi dibuat menggunakan bahan utama daging sapi pilihan yang diolah hingga menghasilkan makanan yang enak. Abon sapi dijual dengan harga yang terjangkau sehingga tak heran jika banyak yang suka. Abon sapi sering dijadikan sebagai makanan pelengkap atau taburan dalam masakan maupun panganan yang lain. Rasanya yang gurih dan nikmat sehingga semua kalangan tanpa terkecuali suka dengan abon sapi. Tak hanya itu saja, makanan ini juga memiliki kandungan gizi yang bagus untuk tubuh sehingga sangat tepat bila dikonsumsi setiap hari. Saat ini sudah banyak variasi sajian dari abon sapi diantaranya yakni abon ikan, abon ayam dan lainnya. Namun sejak dahulu abon yang paling besar diminati yakni abon sapi. Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang abon sapi, mari simak juga manfaat dan kelebihan yang dimiliki abon sapi.

Manfaat dan Kelebihan Yang Dimiliki Abon Sapi

Abon sapi tergolong salah satu produk olahan daging yang tahan lama. Untuk mempertahankan mutunya selama penyimpananan, maka harus dikemas dalam kantong plastic dan ditutup dengan rapat. Dengan begitu, maka abon bisa disimpan dan dinikmati dalam beberapa bulan. Abon yang mampu bertahan lama ini memang dapat dijadikan sebagai cadangan lauk dalam jangka panjang.

Setelah Anda melihat manfaat dan kelebihan yang dimiliki abon sapi, tentunya akan semakin tertarik untuk membuatnya. Begitupun cara membuat abon sapi pun kini mudah sekali dilakukan. Jika Anda tertarik mencoba membuat abon sapi dirumah, maka bisa mencoba beberapa resep yang kami ulas berikut ini.

Resep Pertama Membuat Abon Sapi

Bahan-bahan membuat Abon Sapi

  • Daging sapi sebanyak 5 kg
  • Ketumbar sebanyak 25 g
  • Kemiri  sebanyak 125 g
  • Gula merah sebanyak 350 g
  • Bawang merah sebanyak 150 g
  • Bawang putih sebanyak 50 g
  • Garam dapur sebanyak 200 g

Cara Membuat Abon Sapi :

  1. Potong daging sapi hingga menjadi tetelan daging. Buang lemak dan jaringan ikat dari seluruh permukaannya, kemudian potong-potong dengan ukuran sesuai selera. Lalu cuci dengan air hingga bersih.
  2. Timbang daging hingga memiliki berat 5 kg, atau sesuai dengan keingingan Anda.
  3. Kemudian rebus potongan-potongan daging ke dalam air mendidih kurang lebih selama selama 30-60 menit.
  4. Jika sudah selesai, lalu didinginkan dan tumbuk daging yang sudah direbus. Pisahkan serta-seratnya menggunakan pisau.
  5. Selanjutnya tumbuk ketumbar, bawang merah, gula merah, kemiri, bawang putih dan garam dapur sesuai dengan takarannya menjadi satu. Tumbuk hingga halus dan campur, aduk hingga semuanya tercampur dengan rata. Jika sudah, lalu tumis dengan sedikit minyak goreng dalam wajan.
  6. Siapkan daging kelapa seberat 3 kg, kemudian parut dan peras santannya dengan air panas secukupnya.
  7. Masukkan santan yang dihasilkan ke dalam wajan, lalu tambahkan ke dalamnya daging yang sudah disuwir-suwir (dipisahkan dalam bentuk serat-serat daging) dan bumbu-bumbu yang sudah dipersiapkan, Aduk hingga rata, lalu panaskan di atas kompor hingga jadi kering dan tiriskan.
  8. Panaskan minyak goreng sebanyak 0,5 kg kedalam wajan di atas kompor dengan api yang sedang. Kemudian masukkan sedikit demi sedikit daging dan goreng hingga kering dan berwarna coklat muda, jika sudah tiriskan dan biarkan hingga dingin.
  9. Langkah terakhir dengan mengemas abon yang dihasilkan dalam kantong plastik atau bisa menggunakan kemasan yang lain. Hal ini dilakukan bertujuan untuk mempertahankan kualitas abon.

Proses dan cara membuat abon sapi memang mudah sekali dilakukan. Namun akan terasa lebih ringan jika pengolahannya dibantu dengan peralatan yang handal. Seperti mesin suwir abon daging.  Dimana pengolahan abon memang selalu melewati penyuwiran abon daging. Proses suwir abon akan terasa lebih ringan dan mudah jika menggunakan mesin suwir abon daging. Prosesnya bisa dilakukan dengan cepat, mudah dan efektif. Dalam menyuwir abon daging pun jadi tidak melelahkan maupun menyita banyak waktu. Mesin ini dihadirkan untuk mempermudah proses produksi abon daging

Resep Kedua Membuat Abon Sapi Pedas

Bahan :

  • daging sapi 1 kg
  • santan kental 1 gelas, diambil dari 1 butir kelapa
  • bawang putih 4 siung
  • ketumbar 2 sendok makan
  • Bubuk cabai
  • Gulai merah
  • Daun salam
  • Lengkuas, memarkan
  • Garam dan penyedap rasa

Cara Membuat Abon Sapi Pedas :

  1. Langkah awal, rebus daging dan berikan garam, daun salam dan lengkuas yang sudah dimemarkan.
  2. Setelah daging empuk, kemudian iris tipsi-tipis. Lalu pukul-pukul dengan alat penggepuk hingga daging memar.
  3. Daging yang sudah memar, kemudian di suir-suir hingga halus.
  4. Haluskan bumbu seperti bawang putih,  gula merah, ketumbar dan sedikit garam.
  5. Panaskan santan kental, lalu masukkan daging dan bumbu yang telah dihaluskan, aduk-aduk terus hingga santan habis dan daging kering, pada saat mengaduk setelah kering, harus di bolak-balik supaya abon tidak gosong.
  6. Simpan pada wadah yang rapat, bisa menggunakan toples maupun plastik.

Bagaimana, cara pembuatan abon sapi memang sangat mudah bukan. Yangmana pengolahannya pun bisa dilakukan dirumah. Dengan membuat masakan abon sendiri tentu bisa mendapatkan hasil yang sempurna sehingga sesuai yang Anda inginkan masing-masing.

Demikian pembahasan tentang cara membuat abon sapi yang enak dan menarik yang bisa dicoba dipraktekkan dirumah. Semoga saja dengan kehadirannya artikel yang kamu bahas diatas ini bisa berguna dan membawa manfaat bagi kalian semuanya. Selamat mencoba resep yang kami tuliskan diatas dan semoga berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *